Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD Halaman 30: Warga Desa Kampung Babakan

Berikut adalah kunci jawaban Buku Tematik Tema 1 Kelas 4 SD halaman 30 Subtema 1 Pembelajaran 2. Dalam halaman 30, siswa diminta untuk menjawab sejumlah pertayaan tentang Kampung Babakan. Musim hujan hampir tiba. Warga desa Kampung Babakan berdiskusi untuk melakukan kerja bakti. Mereka berencana membersihkan selokan. Mereka sepakat ketika selokan bersih, warga tidak akan kebanjiran.

Pagi itu, semua warga terlihat sangat bersemangat membersihkan selokan. Pak Sammy dan Pak Udin sibuk mengambil sampah yang ada di dalam selokan. Pak Made dan Pak Udin memastikan saluran selokan lancar. Pak Nur mengambil sampah sampah dan meletakkannya di gerobak sampah. Setelah acara kerja bakti selesai, warga berkumpul untuk menikmati teh hangat dan pisang goreng. Makanan tersebut dimasak oleh warga ibu ibu. Mereka senang karena selokan desa sudah bersih. Kini, mereka siap menghadapi musim hujan. Diskusikan pertanyaan berikut!

1. Apa yang dilakukan warga desa Kampung Babakan? Jawaban: Kerja bakti untuk mencegah banjir. 2. Mengapa mereka melakukan kerja bakti?

Jawaban: Agar saat musim hujan, selokan tidak tersumbat dan mencegah banjir. 3. Apakah warga desa mempunyai sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan? Jelaskan! Jawaban: Ya, karena warga desa Kampung Babakan mau untuk bekerja sama dalam melakukan kerja bakti.

4. Apa manfaat sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan bagi warga Kampung Babakan? Jawaban: Pekerjaan cepat selesai dan mempunyai solusi dalam menyelesaikan masalah. 5. Apa yang akan terjadi jika warga tidak mempunyai sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan?

Jawaban: Saat ada masalah, tidak akan ada solusi. Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post KAI Luncurkan KA Luxury Jakarta-Bandung, Begini Respons Pengusaha Bisnis Travel
Next post Bawaslu Pastikan Setiap Hari Kawal Pendaftaran Calon Partai Politik di KPU