KAI Luncurkan KA Luxury Jakarta-Bandung, Begini Respons Pengusaha Bisnis Travel

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menghadirkan layanan Kereta Api (KA) Luxury untuk rute Jakarta Bandung. Kehadiran KA Luxury ini, diumumkan KAI melalui akun Instagram resminya @kai121_. Dalam akun tersebut menyatakan adanya perjalanan KA Argo Parahyangan Luxury dan Argo Parahyangan Luxury Sleeper untuk relasi Jakarta Bandung dengan harga tiket Rp 350 ribu. Kehadiran KA Luxury ini membuat masyarakat memiliki alternatif untuk melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Bandung atau sebaliknya tidak hanya menggunakan transportasi darat seperti layanan travel.

Direktur Utama Citi Trans Andrew Arristianto menanggapi adanya layanan KA Luxury untuk relasi Jakarta Bandung. Menurut Andrew, kehadiran KA Luxury tidak akan mengancam bisnis travel dan malah menjadikan alternatif transportasi untuk melakukan perjalanan. Selain itu, Andrew juga menyebutkan, banyaknya perbedaan layanan antara travel dengan angkutan kereta mulai dari harga dan juga lokasi penjemputan dan juga tujuan.

“Banyak perbedaan yah, mulai dari harga kita itu 160 ribuan untuk rute Jakarta Bandung,” kata Andrew. PT Kereta Api Indonesia (Persero) menghadirkan layanan perjalanan Kereta Api (KA) Luxury. KA Luxury yang dihadirkan KAI memiliki berbagai tujuan dengan keberangkatan dari Stasiun Gambir. Tujuan KA Luxury diantaranya menuju Surabaya, Yogyakarta, Solo, Bandung hingga Malang.

Pengamat transportasi Djoko Setijowarno mengatakan, KA Luxury ini bisa menjadi alternatif bagi masyarakat yang ingin bepergian dengan nyaman. Menurutnya, KA Luxury ini bisa menjadi alternatif untuk penumpang pesawat yang ingin bepergian dengan jadwal tertentu. Selain itu kehadiran KA Luxury, menurut Djoko, tidak akan menghilangkan minat penumpang travel karena model bisnis yang berbeda.

“Bisnis travel tidak akan hilang dengan adanya KA tersebut, karena segmen penumpang yang berbeda,” kata Djoko. Ia menjelaskan, bahwa travel dan KA sudah memiliki target pasar yang berbeda dan itu menjadi suatu pilihan untuk yang ingin bepergian. Sebagai informasi, harga tiket KA Luxury dari pantauan situs penyedia tiket online untuk relasi Gambir Surabaya dengan KA Argo Bromo Anggrek seharga Rp 830 ribu.

Kemudian relasi Gambir Yogyakarta dengan KA Argo Dwipangga Luxury seharga Rp 830 ribu. Relasi Gambir Solo dengan KA Argo Gajayana Luxury seharga Rp 950 ribu. Selanjutnya, relasi Gambir Malang dengan KA Gajayana Luxury seharga Rp 1.030.000.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Tersangka Kasus ACT Ahyudin Hingga Ibnu Khajar Terancam 20 Tahun Penjara, Pasal TPPU dan Penggelapan
Next post Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD Halaman 30: Warga Desa Kampung Babakan