MenPAN-RB Tjahjo Kumolo Akan Dimakamkan di TMP Kalibata Secara MiliterĀ 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB), Tjahjo Kumolo akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan secara militer. Sebelum dimakamkan, jenazah Tjahjo akan dibawa dulu ke rumah duka yakni di rumah dinas yang beralamatkan di Jalan Widya Chandra IV No. 22, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. "Jenazah dari RS Abdi Waluyo dibawa ke Rumah Dinas Widya Chandra untuk dimandikan dan disemayamkan," tulis Humas KemenPAN RB dalam keterangannya, Jumat (1/7/2022).

Selanjutnya, jenazah Tjahjo akan dibawa ke kantor KemenPAN RB untuk disalatkan terlebih dahulu di masjid Quba KemenPAN RB. Setelah disalatkan, jenazah akan dilepas dari KemenPAN RB. Dari informasi yang dihimpun, upacara pelepasan akan dilakukan oleh Mensesneg, Pratikno. "Jenazah dibawa ke Masjid Quba Kementerian PANRB untuk disalatkan dirangkaikan dengan upacara persemayaman Jenazah secara militer," jelasnya.

Selanjutnya, sekira pukul 17.00 WIB, jenazah akan dibawa ke TMP Kalibata untuk dimakamkan secara militer. "Pukul 17.00 (estimasi terlama) Jenazah selanjutnya dimakamkan di TMP Kalibata secara militer," ucapnya. Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia usai menjalani perawatan intensif di rumah sakit (RS) sejak beberapa hari lalu.

Kabar duka tersebut dibenarkan oleh Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat. "Benar, saya juga dapat info yang sama," kata Djarot kepada wartawan, Jumat (1/7/2022). Melalui pesan yang beredar, Menteri Tjahjo Kumolo wafat pada hari ini, Jumat (1/7/2002) pukul WIB 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo, Jakarta.

Djarot pun belum mengetahui secara pasti penyakit yang diderita oleh Tjahjo Kumolo. "Saya belum dapat informasi detail dari keluarga dan teman. Mohon doanya saja ya," tambah Djarot. Sebagai informasi, Tjahjo Kumolo merupakan politisi senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Tjahjo juga pernah menjabat sebagai jajaran DPP sebagai Sekretaris Jenderal PDIP.

Pada tahun 2014, Tjahjo ditunjuk oleh Presiden Jokowi sebagai menteri dalam negeri (Mendagri). Lalu, pada pemerintahan Presiden Jokowi periode 2019 2024, Tjahjo kembali dipercaya masuk kabinet untuk menjabat sebagai Menpan RB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Jadwal Persib Bandung vs PSS Sleman di Piala Presiden 2022, Hadangan Super Elang Jawa
Next post Update Formasi CPNS dan PPPK Tahun 2022, Ada 803.018 PPPK Guru untuk Pusat dan Daerah