Vladimir Putin: Tujuan Utama Operasi Rusia di Ukraina Adalah Membebaskan Donbass Dari Genosida

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan dalam pidatonya di Stadion Luzhniki bahwa membebaskan rakyat Donbass dari genosida adalah tujuan utama dari operasi militer khusus Rusia di Ukraina. "Penduduk Donbass yang tidak setuju dengan kudeta 2014 di Kiev (Ukraina), langsung dihantam dengan operasi militer. Blokade pun diberlakukan terhadap orang orang ini. Mereka menjadi sasaran penembakan sistematis, serangan udara, inilah yang disebut genosida," kata Putin. Dikutip dari laman Sputnik News, Jumat (18/3/2022), ia kemudian menekankan bahwa demiliterisasi dan denazifikasi Ukraina akan dilakukan dan semua penjahat perang yang bertanggung jawab atas pertumpahan darah di Donbass akan dihukum.

Putin pun mengklarifikasi bahwa itu adalah satu satunya cara untuk menghentikan genosida di sana. Sebelumnya, ia telah memerintahkan dimulainya operasi militer khusus di Ukraina pada 24 Februari lalu, menyusul permintaan dari Republik Rakyat Donetsk (DPR) dan Republik Rakyat Lugansk (LPR) untuk melindungi mereka dari serangan pasukan Ukraina dan batalion nasionalis. Putin menyatakan bahwa Rusia tidak punya pilihan lain selain campur tangan untuk membantu Republik Donbass yang baru ia akui kedaulatannya itu.

Ia menggambarkan tujuan operasi sebagai demiliterisasi dan denaazifikasi Ukraina dan bersumpah bahwa angkatan bersenjata Rusia hanya akan menargetkan tujuan militer saja, bukan rakyat sipil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Harga Minyak Dunia Melonjak, Pertamina Lakukan Kajian Harga Pertamax
Next post Delegasi 115 Negara Hadiri Sidang Inter-Parliamentary Union ke-144 di Nusa Dua Bali