Bansos PKH Tahap I Cair Mulai Hari Ini, Cek Penerima di cekbansos.kemensos.go.id

Bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) tahap I dipastikan cair mulai hari ini, Senin (21/2/2022). Penyaluran bansos 2022 ditargetkan pemerintah selesai dalam dua pekan terakhir di bulan Februari. "Kemensos, Kemendes, dan Kemendikbud agar segera mempercepat penyaluran bansos 2022 di dua minggu terakhir bulan Februari," ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Kamis (17/2/2022) sebagaimana dikutip dari .

Menko PMK meminta kepada seluruh pihak untuk dapat berkomitmen dalam mengawal percepatan penyaluran bansos. "Bansos yang dikelola Kemensos yaitu Program Sembako dan PKH juga harus dipastikan agar diterima masyarakat sebelum bulan Maret 2022." "Langkah percepatan salur seperti yang sudah direncanakan oleh Kementerian Sosial," kata Muhadjir.

Lebih detail, langkah percepatan salur bansos tersebut ialah untuk PKH tahap I disalurkan oleh Bank dimulai tanggal 21 Februari 2022. Untuk mengecek apakah masyarakat mendapatkan bantuan PKH bisa melalui website Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di link cekbansos.kemensos.go.id. Buka laman cekbansos.kemensos.go.id atau klik link

Kemudian, masukkan Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan. Masukkan nama Penerima Manfaat (PM) sesuai KTP Ketikkan 8 huruf kode (dipisahkan spasi) yang tertera dalam kotak kode

Jika tidak jelas huruf kode, klik icon refresh untuk mendapatkan kode baru Lalu klik tombol cari data Note: Sistem Cek Bansos Kemensos akan mencari Nama Penerima Manfaat (PM) sesuai wilayah yang Anda inputkan

Untuk mengakses laman ini, tidak harus Kepala Keluarga (KK) atau penerima manfaat yang bersangkutan. Bisa dilakukan istri/suami, anak, hingga tetangga sepanjang tahu nama lengkap serta alamat orang yang terdaftar sebagai penerima bansos. Bila nama masyarakat termasuk menjadi salah satu penerima bansos tersebut, kini hanya perlu mencairkan bantuannya.

Untuk penerima PKH, bantuan dapat dicairkan melalui sejumlah ATM yang tergabung dalam bank Himbara, yaitu BNI, BRI, Bank Mandiri, dan BTN. Biasanya, akan ada informasi kapan bansos PKH disalurkan. Setelah itu, penerima hanya perlu datang ke ATM bank Himbara untuk melakukan penarikan bantuan.

Untuk melakukan penarikan di ATM, penerima hanya perlu membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) merah putih ke ATM, Kartu tersebut digunakan sebagai penganti kartu ATM. PKH merupakan program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH.

PKH disalurkan setiap tiga bulan sekali dalam empat tahap, yaitu pada Januari, April, Juli, dan Oktober Sejak PKH diluncurkan, keluarga yang masuk kategori miskin bisa menerima bantuan tunai dari pemerintah. Bagi warga miskin yang sudah dinyatakan terdaftar sebagai penerima PKH oleh verifikator, rumah tempat tinggal penerima akan ditempeli stiker yang menunjukan penghuni rumah berhak mendapatkan bantuan.

Adapun anggaran untuk bansos PKH per 2022 adalah Rp 28,7 triliun dengan target 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Ibu hamil, maksimal dua kali kehamilan; Anak usia 0 sampai dengan 6 tahun, maksimal dua anak.

Anak Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau sederajat; Anak Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Tsanawiyah (Mts) atau sederajat; Anak Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah atau sederajat;

Anak usia 6 s/d 21 tahun yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun. Lanjut usia mulai 60 tahun ke atas, maksimal 1 orang dan berada dalam keluarga; Penyandang disabilitas diutamakan penyandang disabilitas berat, maksimal 1 orang dan berada dalam keluarga.

Adapun jumlah dana yang dibagikan melalui PKH disesuaikan dengan keadaan Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Kategori Ibu Hamil/Nifas : Rp 3 juta Kategori Anak Usia Dini 0 s.d. 6 Tahun: Rp 3 juta

Kategori Pendidikan Anak SD/Sederajat: Rp 900 ribu Kategori Pendidikan Anak SMP/Sederajat : Rp 1,5 juta Kategori Pendidikan Anak SMA/Sederajat : Rp 2 juta

Kategori Penyandang Disabilitas berat : Rp 2,4 juta Kategori Lanjut Usia: Rp 2,4 juta Bantuan komponen diberikan maksimal untuk 4 jiwa dalam satu keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Tak Lama Lagi Franda Melahirkan, Samuel Zylgwyn Belum Beli Perlengkapan Bayi
Next post Rizky Billar Tegang Ditanya Soal Doni Salmanan: Kita Ikuti Perkembangan, Saya Lagi Fokus Urus Bisnis